Pada hari Jumat, 11 Juni 2021 BEM TAU, IYD TAU, dan English Club TAU mengadakan webinar dengan tema leadership. yang di hadiri oleh Bapak Rob Wood dari Community Liason & Trainer, Initiatives of change Australia , Ibu Cheryl Wood Facilitator & Mentor Initiatives of change Australia , Mrs Natalia Teguh Putri Co-founder of the waterjars and cost analyst in property development Australia , Bapak James Cordiner system architect and trainee life coach Australia , serta Reuben Daamen writer and artist Australia. webinar ini diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Firdaus Fadilah selaku moderator memberikan sambutan pembuka pada awal acara, dan diikuti dengan perkenalan oleh Bapak Rob Wood dan Ibu Cheryl, James, serta Mrs. Natalia.
Kemudian penyampaian pertama dibuka oleh Ibu Cheryl Wood. ia menyampaikan tentang “Relationship Map” yang sempat di bahas pada webinar lalu. Ia menjelaskan bahwa adanya suatu kekuatan dari hubungan, misalkan hubungan kita dengan orang-orang terdekat yang ada di sekeliling kita contohnya kekuatan hubungan kita dengan ibu, kekuatan hubungan kita dengan Tuhan, bahkan kekuatan hubungan kita dengan tetangga. Rob Wood selaku narasumber menyampaikan poin penting inti dari “Leadership” berdasarkan pengalamannya. Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan yang pertama adalah menerima tantangan ketika kita menerima tantangan kita percaya bawa kita bisa maka dari itu kita akan diberikan inspirasi keberanian dan kemampuan untuk melakukan hal tersebut. ketika kita menerima tantangan kita juga harus melawan rasa takut dan harus bisa untuk berani mengambil keputusan. Dan sebagai seorang leader seharusnya bisa membawa anggotanya untuk berbicara satu sama lain daripada berbicara tentang satu sama lain, sehingga membuat anggotanya mau mempelajari tentang bekerja sama.

Poin kedua adalah important to know who we are, sebagai seorang leader kita harus tahu siapa diri kita misalkan kita adalah seorang warga negara atau anggota dari komunitas dan kita harus merasa bahwa kita memiliki tanggung jawab terhadap siapa kita. poin ketiga adalah kita adalah warga negara global dan sebagai warga negara global kita mempunyai hak dan tanggung jawab. Pak Rob mengatakan seperti Pandemi saat ini di mana kita semua mengalami masa Pandemi dan itu memberitahu bahwa kita semua adalah sesama manusia dan kita harus menjaga planet serta hubungan kita dengan baik. Sebagai manusia apa yang bisa kita lakukan untuk membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang? jika kita ingin melihat hal hal berubah kita harus mulai berfikir secara global dan bertindak secara lokal. Kemudian penyampaian materi tentang “Leadership” oleh Natalia Teguh Putri. Ia menyampaikan pengalamannya mengenai leadership. Menjadi seorang pemimpin sama seperti perahu dengan dua sayap sayap satunya adalah seorang pemimpi dan saya satunya lagi adalah seorang wujud mimpi jadi menurut Natania Teguh Putri, seorang pemimpin adalah orang yang terus belajar jadi pemimpin dan seseorang yang terus memperjuangkan mimpinya seperti perahu dengan dua sayap tadi itu adalah kombinasi untuk gambaran seorang pemimpin. Dan seorang pemimpin adalah seorang yang bisa menjadi idialis tetapi juga realistis pada saat yang sama sehingga ia tidak hanya memiliki visi tetapi juga memiliki reaksi. di ibaratkan dalam satu lingkaran ada pemimpi dan ada pewujud mimpi ada panah dari pemimpi ke pewujud mimpi dan kemudian dari Pewujud mimpi ke mimpi sehingga itu mengartikan bahwa lingkaran itu konstan ketika kita bermimpi kita ke melakukannya dan ketika kita sudah melakukannya kita akan melihat lagi apa yang akan kita lakukan selanjutnya dan menurut Natania dari pengalamannya dia menyadari hal tersebut.
Natania juga mengajak kita untuk membayangkan ketika kita menjadi pemimpin dan mau mewujudkan mimpi terdapat tantangan yaitu terhubung terus dengan orang orang sepanjang waktu terus melakukan hal hal, tetapi seakan kita terjebak dalam melakukan itu dan sulit untuk menarik diri dan memungkinkan bawa mimpi itu terjadi. Natania menemukan bahwa ketika seseorang menjadi pemimpin ia akan diberi posisi untuk meninggalkan senioritas atau posisi yang melindungi. Dari pengalaman Nathania sebagai seorang anggota dari suatu Tim dia tetap berkomunikasi dan saling memberi tahu apa yang sedang terjadi dan pemimpin nya pada saat itu selalu memiliki waktu untuk datang dan bicara kepadanya juga kepada timnya, untuk menanyakan apa yang sedang terjadi, bagaimana proyek itu berjalan, apa tantangan saat mengerjakan suatu proyek dan dia sangat bertanggung jawab sebagai leader. Natania mengatakan perempuan juga bisa menjadi leader dan sebagai perempuan kita harus multitasking. Berdasarkan pengalamannya ia mengerjakan sesuatu selalu menggunakan otak dan hatinya Jadi seperti dia menggunakan kemampuannya juga mengandalkan intuisinya Dan mendapatkan feeling.

BACA JUGA  Pameran Daring Magang HMJ Tanri Abeng University

Narasumber selanjutnya adalah James. Kepemimpinan bukan tentang nama atau jabatan, itu benar-benar pilihan yang Anda buat sehari-hari, pilihan Anda untuk menjadi pemimpin, memilih untuk mengambil tanggung jawab,memilih untuk melihat keluar untuk orang lain, Dan memilih untuk memilikinya, Memilih untuk menjadi penyebab dalam masalah ini, memilih untuk menjadi contoh itu. James merupakan seorang manager di tempat bekerjanya saat ini. Namun, ketika ia memiliki jabatan yang bisa dibilang adalah “bos” namun menurutnya menjadi bos tidak selalu bisa membuatnya menjadi leader. Berdasarkan Pengalamannya Ketika ia mengalami masalah pada sistem it Yang akan diluncurkan, Salah satu Anggotanya tidak menjalankan pertemuan sebaik seperti apa yang dia harapkan, Jikalau Ia adalah seorang bos ia akan mengatakan bahwa anggotanya itu Setelah melakukan pekerjaan yang buruk tetapi ia mencoba untuk menjadi leader yang baik Iya bertanya apa yang bisa saya lakukan untuk lebih membantunya Apakah saya harus memeriksa presentasinya sebelum ia melakukan presentasi atau mungkin saya bisa memberi beberapa pelatihan itu merupakan sedikit evaluasi dari James sebagai leader untuk mencegah hal yang tidak diharapkan terjadi . Semakin besar kita menjadi pemimpin maka semakin banyak juga tanggung jawab kita. Kita bisa Berlatih menjadi pemimpin Yaitu dimulai dari diri kita sendiri bagaimana kita bisa bertanggung jawab menjadi orang baik untuk menjaga diri sendiri hari ini dan dan itu merupakan suatu perjuangan untuk belajar menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri, Setelah itu baru kita bisa memperluas pengaruh kita dan memperluas ruang lingkup kita Dan kemudian kita bisa melihat keluar dengan baik. Pukul 11.00 WIB webinar berlangsung dengan kondusif dan ditutup oleh persembahan lagu “You Raise Me Up” oleh Muhammad Fajri Ramadhan, lagu ciptaan Rob Wood, diakhiri dengan penutupan dari moderator.

BACA JUGA  Galang Donasi Kepada Korban Banjir Bandang NTT By BEM Tanri Abeng University

BEM TAU 2021
Kabinet Segawati Sandya
—————————————

#BEMTAU2021
#KabinetSegawatiSandya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here