KTR INDONESIA – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P menyambut sekaligus memberikan ucapan selamat datang kepada Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta angkatan 2021.

“Sebagai Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) UNS, saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di UNS kepada para mahasiswa baru,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS, yang disiarkan melalui kanal Youtube resmi UNS, Jumat (13/8/2021) pagi.

Selain memberikan ucapan selamat, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menitipkan sejumlah pesan penting kepada Maba UNS angkatan 2021 yang telah dilantik dan mendapat pengukuhan dari Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho.

Pertama, ia meminta agar Maba UNS angkatan 2021 dapat segera mempelajari lingkungan kampus dan beradaptasi dengan dunia perkuliahan. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meminta mereka belajar dari para dosen dan mahasiswa senior.

BACA JUGA  Diskusi Publik: Apakah Pendidikan Kita Sudah Merdeka? By TANRI ABENG UNIVERSITY

“Acara PKKMB merupakan bentuk upaya mengenalkan kegiatan akademik dan nonakademik bagi mahasiswa baru. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan UNS,” ucapnya.

Kedua, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta Maba UNS angkatan 2021 memanfaatkan waktu dengan mengisi diri, memperdalam, mengasah kemampuan, dan memperluas wawasan, sekaligus membina kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama.

Dan, yang ketiga, ia mendorong Maba UNS angkatan 2021 agar membekali dirinya dengan berbagai kemampuan. Sebab, di masa yang akan datang, tantangan yang akan dihadapi adalah bersaing dengan kemajuan teknologi.

“Persaingan yang akan saudara-saudara hadapi nantinya akan semakin kompleks dan jauh lebih menantang daripada yang dihadapi generasi-generasi sebelumnya. Saudara-saudara akan bersaing dengan kemajuan teknologi, teknologi digital, teknologi nano, robot, kecerdasan buatan, dan sebagainya,” lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

BACA JUGA  Aksi Muda Menggugat Dalam Memperingati Hari Lingkungan Hidup By BEM Tanri Abeng University

Ia mencontohkan, di tengah pandemi Covid-19, Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada tantangan untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, obat-obatan, dan alat kesehatan.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, kebutuhan akan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan seharusnya dapat terpenuhi jika industri dalam negeri didukung dengan teknologi yang memadai.

Oleh sebab itu, ia menilai tantangan-tantangan bangsa Indonesia saat ini haruslah dijawab dengan penguasaan teknologi yang mumpuni sebab Indonesia memiliki banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang potensial.

Dan, Maba UNS angkatan 2021 yang dituntut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto agar mampu menjawab tantangan besar tersebut.

“Saudara-saudara tidak hanya akan bersaing dengan rekan-rekan dari belahan dunia yang lain. Teknologi tersebut dibutuhkan untuk memanfaatkan kekayaan alam yang kita miliki kekayaan alam di dalam dan bawah laut,” pungkasnya.

(glh/sumber:okezone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here