Pada tanggal 23 Juli 2021 pukul 15.00 WIB, telah berlangsung Kelas Inggris (English Class) secara daring dengan pembicara Mei Devi Riskianda dan Rosha Asthari. Diawali dengan moderator Firdaus Fadilah Menteri PSDM TAU 2021 menyapa audience. Dan menyapa Pembicara yaitu Rosha Asthari.

Pada pukul 15.30 pembalajaran di mulai, Mei Devi Riskianda sebagai narsumber tentang Learning Basic English (Belajar Inggris Dasar)yang akan menjelaskan tentang Mengapa belajar cara berkomunikasi setiap hari dengan bahasa Inggris adalah hal yang penting. Kemudian Devi memperkenalkan dirinya terlebih dahulu. Selanjutnya Devi meneruskan materi yang dibawakan. Devi menjelaskan Mengapa belajar cara berkomunikasi setiap hari dengan bahasa Inggris adalah hal yang penting.

Menurut ka Devi masalah yang sering dihadapi ketika mencoba belajar Bahasa inggris adalah kita mampu memahami apa yang dikatakan orang lain, tetapi tidak dapat berbicara apa yang ada di pikiran kita, dan terkadang ketika kita ingin mengucapkannya kita merasa gugup atau nervous karena takut salah. Ka Devi juga memberi tahu Cara Untuk tidak Gugup Saat Berbicara dalam bahasa Inggris
1. Tetap tenang, ambil napas dalam-dalam dan cobalah untuk tetap tenang.
2. Pahami situasinya, Lihatlah di mana Anda berada dan memahami apa jenis kesempatan dimana anda berada.
3. Percaya diri, Percayalah pada dirimu sendiri.
4. Relax, jangan berfikir yang macam-macam.
5. Hafalkan Frasa, Hafalkan frasa yang digunakan pada kehidupan sehari-hari, seperti meminta arahan, memesan makanan, atau hanya menanyakan hal-hal umum dalam hidup (sekolah, pekerjaan, dll.).
6. Latihan, Pengulangan adalah kuncinya.

BACA JUGA  Edukasi Seputar Covid 19 by BEM Universitas Dharma Andalas (UNIDHA Padang)


Setelah itu Kak Rosha memberikan tips kepada kita semua bagaimana cara untuk lebih mudah memahami Bahasa Inggris. Berikut adalah tipsnya :

Nonton film/Tv series. Dengan cara mengambil cara karakter memulai percakapan, bagaimana percakapan mengalir, dan cara mengakhirinya. Kak rosa juga memberikan rekomendasi film lohh, ini dia rekomendasinya :

Mendengar podcast. Dengarkan kata-kata yang digunakan dalam jenis percakapan. Bagaimana cara menyapa orang tertentu? Apakah ada kata slang melempar di sana-sini? Apa artinya?
Mencari partner untuk berbicara Bahasa Inggris. Temukan teman atau seseorang untuk kita berlatih bahasa Inggris.

Menggunakan aplikasi gratis. Saat ini ada banyak cara untuk berkomunikasi dan belajar bagaimana berkomunikasi. Kita bisa mencoba semua untuk belajar.
Berikut adalah aplikasi Free yang direkomendasikan oleh kak Rosha :

Jadikan Bahasa Inggris sebagai kebiasaan. Biasakan berbicara dalam bahasa Inggris dan gunakan dalam *literally* semuanya. Anda bisa memulai dari yang kecil dan mudah, seperti berpikir dalam bahasa Inggris
Setelah penyampaian materi, moderator membuka sesi untuk tanya jawab.

Penanya pertama adalah Catherine, ia bertanya mengenai bagaimana cara membalas percakapan dengan Bahasa inggris ketika kita masih belum fasih dalam berbahasa inggris, dan bagaimana cara untuk percaya diri dalam membalas percakapan dengan Bahasa Inggris. Kak Rosha menjawab pertanyaan Catherine, untuk bisa fasih dalam menjawab lawan bicara dengan Bahasa inggris itu memerlukan waktu dan tidak apa-apa jika kita meminta waktu sebentar untuk memahami apa yang sedang di bicarakan. Dan cara untuk percaya diri adalah untuk tetap berbicara sedikit demi sedikit dan tidak usah terlalu di pikirin. Ka Devi memberi jawaban bahwa kita harus banyak praktek untuk melatih kemampuan juga kepercayaan diri. Bentuk latihannya adalah berbicara depan cermin atau menggunakan aplikasi, Ka Devi juga memberikan tips bahwa Latihan memang harus dibiasakan supaya lebih mahir dalam berbahasa inggris.

BACA JUGA  Kelas SOSPOL Tentang Teori Ilmu Politik By BEM Tanri Abeng University

Lanjut pertanyaan ditanya oleh Resky, Resky bertanya mengenai cara memanage ketakutan yang kerap terjadi ketika belajar Bahasa inggris menurut ka Rosha dan ka Devi. Cara unik ka Devi dalam mengatasi ketakutan dalam belajar Bahasa inggris adalah dengan memiiliki alasan yang membuatnya selalu semangat dalam belajar Bahasa inggris, yang pertama adalah supaya terlihat keren. Dan menurut ka devi ketika kita belajar kita harus memiliki alasan yang bisa kita jadikan motivasi untuk selalu belajar. Niat unik ka Rosha dalam belajar Bahasa inggris adalah ia ingin menjadi artis di Disney, sehingga itu yang memotivasi dirinya untuk terus belajar Bahasa inggris.

Pukul 17.00 semua acara orasi berlangsung dengan kondusif dan tutup oleh moderator dengan foto bersama untuk dokumentasi.

BEM TAU 2021
Kabinet Segawati Sandya
—————————————

#BEMTAU2021
#KabinetSegawatiSandya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here