KTR INDONESIA – Mantan Kepala Badan Litbangkes Kemenkes RI 2016-2020, Siswanto mengungkapkan bahwa saat ini virus Covid-19 varian delta sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Asia, termasuk Asia Tenggara.

“Secara umum bahwa memang kalau kita lihat dulu variannya itu memang kita mengetahui bahwa di hampir di Asia Tenggara juga, Delta varian sudah menyebar sudah kena hampir kena semua,” ujar Siswanto dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Indonesia Di Tengah Covid Dunia Pasca Tembus 200 juta, Sabtu (7/8/2021).

Siswanto yang bekerja untuk WHO wilayah Asia saat ini menyebut bahwa varian delta pada Covid-19 ini harus menjadi perhatian bagi seluruh negara termasuk Indonesia.

BACA JUGA  Ketua PWNU Jatim Dukung Polda Jatim Melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat

“Jadi artinya kalau dikatakan delta varian ini tingkat penularannya tinggi, kemudian tingkat keparahannya juga tinggi memang harus menjadi perhatian,” jelasnya.

Ia pun menyebut bahwa saat ini beberapa negara di Asia khususnya di Asia Tenggara mengalami kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Di antaranya seperti Thailand hingga Indonesia. Namun saat ini Indonesia sudah mulai mengalami penurunan dari positivity rate-nya.

“Kalau di wilayah Asia Tenggara dalam konteks WHO sekarang yang masih tinggi itu adalah Thailand kemudian Bangladesh, Myanmar kemudian Nepal termasuk Indonesia mulai sedikit menurun tetapi kalau dalam catatan kami positivity rate masih 24%,” ungkapnya.

“Jadi itu artinya bahwa kalau tingkat positivity rate itu tinggi diatas yang dianjurkan 25% artinya jangan-jangan tracing nya itu kurang kuat kurang optimal,” imbuhnya. (Editor: glh)

BACA JUGA  Menparekraf : Pandemi Momentum Optimalisasi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here