KTRINDONESIA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo membuka Sidang Tahunan MPR pada hari ini, Senin, 16 Agustus 2021. Sidang Tahunan ini dibuka dengan dihadiri oleh 363 dari 711 anggota MPR–terdiri dari 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah.

“Sebagai catatan daftar hadir yang disampaikan sekretariat jenderal, sampai saat ini telah hadir 363 anggota dari 711 anggota MPR, DPR, DPD, baik yang diundang hadir secara fisik maupun secara virtual, dan telah menandatangani daftar hadir,” kata Bamsoet, sapaan Bambang, mengawali pidatonya.

Bamsoet mengatakan, merujuk ketentuan Pasal 66 ayat (5) Peraturan Tata Tertib MPR, Pasal 281 ayat (1) dan Pasal 254 ayat (5) Peraturan Tata Tertib DPR, serta Pasal 261 ayat (5) Peraturan Tata Tertib DPD, sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka.

BACA JUGA  Awali Tugas di Kota Santri, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis Ziarah ke Makam Waliyullah

Artinya, saat Sidang Tahunan ini dibuka, masih ada 348 anggota MPR yang belum menandatangani daftar hadir secara virtual. Sidang Tahunan ini hanya dihadiri oleh 60 orang secara fisik, sedangkan lainnya mengikuti secara virtual dan streaming.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga negara selama setahun terakhir, pidato kenegaraan dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke -76, dan penyampaian pengantar postur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2022.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here