KTRINDONESIA – Kolaborasi Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi dengan RS Sentra Medika Minahasa Utara menghasilkan 119 kantong darah dalam kegiatan Donor Darah di Lantai III Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, Sulut, Jumat (17/09/2021).

Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo S.H., dalam wawancaranya dengan media menyatakan, Lanud Sam Ratulangi sesuai dengan instruksi dari Pimpinan TNI yakni dari Mabes AU dan khususnya dari Koopsau II, melaksanakan Donor Darah dalam rangkaian memperingati HUT TNI ke-76. Dalam hal ini pelaksanaannya tidak hanya oleh TNI AU tapi melibatkan pula personel-personel dari TNI AD, TNI AL, Polri dan swasta serta masyarakat selain personel Lanud Sam Ratulangi sendiri sebagai koordinator kegiatan. Ini juga merupakan bentuk sinergitas antara Lanud Sam Ratulangi dengan RS Sentra Medika Minahasa Utara, yang kebetulan juga  merayakan ulang tahunnya yang pertama. “Kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini, lonjakan permintaan kantong darah sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, sangatlah tepat Pimpinan menginstruksikan kita menyelenggarakan kegiatan donor darah. Sehingga TNI menjadi dekat dan hadir untuk membantu masyarakat.  Selain kegiatan donor darah, TNI akan mengadakan juga kegiatan bhakti sosial menjelang HUT TNI 5 Oktober nanti. Jadi, ini merupakan salah satu bukti kehadiran TNI ditengah masyarakat, dimana TNI membantu,  meringankan beban masyarakat. Semoga setetes darah dapat menolong nyawa seseorang yang sedang membutuhkan,” ujar Marsma TNI M. Satriyo Utomo, SH.

BACA JUGA  Rekor 48.832 Sembuh! Update Corona RI 6 Agustus: Tambah 39.532 Kasus

 

Selain itu, Direktur Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, dr. Cecilia Naritha menjelaskan, dipilihnya kegiatan donor darah agar PMI Sulawesi Utara memiliki ketersediaan pasokan darah yang cukup bagi masyarakat yang membutuhkan. “Target kami untuk donor darah kali ini, akan tercapai ratusan kantong darah. Dengan adanya support dari TNI Angkatan Udara pasti akan mencapai target kita. Untuk kualitas pelayanan, Rumah Sakit Sentra Medika Minahasa Utara akan menambah beberapa pelayanan yang belum pernah ada di Sulut. Salah satunya adalah kemoterapi, serta jumlah kapasitas kamar kedepannya akan tersedia lantai 6 rumah sakit,” jelasnya kepada Media.

Sementara itu, pada saat bersamaan, berlangsung juga Serbuan Vaksinasi di desa Kema Minahasa Utara yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan RS Lanud Sam Ratulangi Manado. Serbuan Vaksinasi yang sebelumnya terpusat di Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi, kali ini dilaksanakan secara mobile menjangkau jauh ke wilayah Minahasa Utara. Kegiatan serbuan vaksinasi RS Lanud Sam Ratulangi di Kema Minahasa Utara memberikan sebanyak 314 suntikan vaksin bagi masyarakat sekitar desa Kema Minahasa Utara.

BACA JUGA  Menham Prabowo: Setiap Warga Berhak dan Wajib Pertahankan Keamanan Negara

(glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here