KTRINDONESIA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mendatangi Lapas Kelas 1A Tangerang.

Dalam kunjungannya itu, Mahfud MD mengatakan, bahwa lapas telah over kapasitas. Hal ini menjadi penekanannya saat melakukan kunjungan ke lokasi kebakaran di Lapas Tangerang itu.

“Kalau melihat jumlah korban, melihat peristiwa ini, ada dua hal. Pertama korbannya itu dari 41, sebanyak 40 orang tindak pidana narkoba, 1 terorisme,” katanya di lokasi, Rabu (8/9/2021).

Dilanjutkan dia, yang kedua hunian penjara di Lapas Tangerang sudah over kapasitas. Pemerintah pun berencana menambah jumlah lapas di Indonesia

“Untuk itu kami sedang mendiskusikan tadi. Sebenarnya saya sudah lama bicara ini dengan Kemenkumham, dan melihat ke daerah-daerah tertentu, beberapa lapas sudah tidak kondusif,” ungkapnya.

BACA JUGA  Kapolda Jateng Resmikan Satgas Covid-19 Tingkat Pelajar

Dari total sekira 200 ribu warga binaan di Indonesia, sebanyak 50% nya merupakan pengguna narkoba. Hal ini diakuinya akan jadi perhatian dari pemerintah.

“Yang kedua over kapasitas. Saya sudah keliling dari tahun 2004 saat jadi anggota DPR melihat lapas kita penuh. Jadi satu kamar isinya bisa 20-30 orang. Bahkan ada ruangan kamar kecil, isinya 40 orang dan itu semuanya narkoba,” jelasnya.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here