KTR INDONESIA – Satgas Nemangkawi menyita sejumlah barang bukti dari terduga pemasok senjata ke teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Ratius Murib alias Neson Murib. Salah satunya buku agenda berisi catatan bantuan uang tunai dari Pemda Puncak sebesar Rp600 juta untuk pimpinan KKB, Lekagak Telenggen, pada 6 Februari 2021.

Mengenai kebenaran hal itu, Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Oqbal Alqudussy mengatakan, pihaknya masih melakukan penyidikan terkait bukti transaksi yang ditemukan, termasuk benar atau tidaknya aliran dana ke Lekagak Telenggen.

Sebagai informasi, Ratius Murib alias Neson Murib ditangkap oleh personel Sub Satgas Penyelidik Unit II Satgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi di Puncak Jaya, Papua, pada Senin (14/6) kemarin. Saat itu dia membawa uang tunai Rp370 juta dalam bentuk pecahan Rp100.000.

Selain uang tunai, ia juga membawa catatan bantuan uang dari Pemda Puncak untuk KKB. Satgas Nemangkawi menyita buku catatan penolakan otonomi khusus dan aksi penembakan di Kabupaten Puncak dan buku catatan pengeluaran dan pemasukan dana bantuan dari simpatisan TPNPB.

Tak hanya itu, polisi juga menemukan beberapa buku tabungan atas nama Ratius Murib dan beberapa telepon genggam. Ada juga belasan kertas resi bukti transfer ke pihak-pihak yang diduga jaringan penjual senpi. (mul)

BACA JUGA  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui Jangan Ragu Divaksin COVID-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here