KTRINDONESIA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, masa pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk mengoptimalisasi pengembangan pariwisata berkelanjutan, yang mengedepankan pelestarian alam dan budaya di Indonesia.

“Ada 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan kehidupan perekonomiannya di sektor pariwisata,” ujar Sandiaga dalam keterangannya saat webinar ‘Sustainable Tourism Development Forum (STDev) Seri-5: Optimalisasi Penguatan Sustainable Tourism Observatories (INSTO) Menuju Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan di Era Pasca Pandemi’.

Sehingga kata dia, di masa pandemi ini perlu ada penataan ulang di sektor pariwisata agar pengembangan pariwisata mengedepankan pelestarian alam dan budaya. Serta nantinya, sektor pariwisata dapat terus dirasakan manfaatnya oleh generasi yang akan datang.

BACA JUGA  Ini Pesan Wapres Terkait Darurat Pandemi untuk Kemenkumham

“Sehingga sektor ini nantinya bisa menjadi sektor lokomotif yang mendorong upaya perlindungan pelestarian alam dan warisan budaya dengan konsep planet, people, and prosperity agar bisa dinikmati oleh generasi masa depan,” tuturnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menambahkan, sektor pariwisata bukanlah warisan dari generasi yang lalu. Melainkan, pariwisata yang berbasis alam dan budaya adalah titipan yang harus diwariskan ke generasi selanjutnya.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, kita perlu mengambil langkah yang lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif untuk mengoptimalisasi pariwisata yang berkelanjutan ini,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here