KTRINDONESIA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan Nusantara, perbatasan laut, pulau-pulau terluar. Menurut dia, hal itu harus tetap dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Penekanan itu diujarkan Yudo ketika memimpin Peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL bertempat di Lapangan Trisila Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021).

Dia juga menekankan bahwa konsep Operational Ready Force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata.

“Indikatornya adalah semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap tempur, semakin cepat dikerahkan dan mampu berlayar, terbang serta patroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan,” kata Yudo.

Yudo menegaskan bahwa sebagai komponen utama pertahanan negara di laut, TNI AL senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan dan pemulihan ekonomi nasional.

BACA JUGA  HUT Ke-18, MK Telah Selesaikan 3.243 Perkara sejak Berdiri

“Jiwa dan semangat prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik,” ucapnya.

Adapun puncak peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL bertajuk ‘Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’. Momen peringatan dilakukan sederhana dengan menerapkan prokes yang sangat ketat yang dipusatkan di Mabesal.

Di mana, pasukan upacara berasal dari unsur gabungan, mulai dari Mabesal, Kormar, Koarmada I, Kolinlamil, Pushidrosal, Seskoal, Puspomal, Lantamal III, hingga Puspenerbal. Dalam momen tersebut, turut dilakukan pelepasan 76 burung merpati.

Angka 76 menandakan usia TNI AL saat ini serta terbangnya burung tersebut untuk menyaksikan kegagahan prajurti TNI AL yang bertugas di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA  UPDATE: Corona 11 Agustus 2021 Positif 3.749.446, 3.211.078 Sembuh & 112.198 Meninggal

KSAL jiga menyerahkan penghargaan kepada para tokoh pendiri TNI AL yang diwakili para ahli waris. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada Pangkalan teladan, Lanal teladan, KRI teladan dan Batalyon teladan.

Pangkalan teladan diraih Lantamal IX Ambon, sementara Lanal teladan kelas B oleh Lanal Palu, Lanal kelas C diberikan kepada Lanal Tanjung Balai Asahan.

Sedangkan KRI teladan diraih KRI Gusti Ngurah Rai-332 dan Batalyon teladan diraih Yonif 2 Marinir.

Di samping itu, disematkan juga penghargaan Bintang Jalasena kepada perwakilan Perwira dan Satya Lencana Kesetiaan 24, 16 dan 8 tahun kepada perwakilan Bintara dan Tamtama serta peresmian pemakaian pet model terbaru untuk Tamtama TNI AL.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here