KTRINDONESIA – Kasus harian Corona di Indonesia dalam sepekan terakhir terus menurun, terlihat sejak 3 hari lalu, yaitu 28 Agustus dengan 10 ribu kasus baru dari sekitar 181 spesimen yang diperiksa. Hari berikutnya, penambahan kasus kembali menurun di angka 7 ribuan dari total tes 154 ribu spesimen.

Sementara per 30 Agustus kemarin, ‘hanya’ ada 5 ribu kasus yang dilaporkan dari total jumlah spesimen yang diperiksa semakin menurun yaitu 125 ribu. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengaku penurunan jumlah testing terjadi karena kasus ikut menurun.

“Kalau kasus menurun, testing juga cenderung menurun,” klaim dr Nadia kepada detikcom Senin (30/8/2021).

BACA JUGA  Presiden Jokowi Ingatkan, Jangan Sampai Ada Aparat yang Bekingi Mafia Tanah

Meski begitu, dr Nadia menegaskan butuh evaluasi selama sepekan ke depan untuk memastikan kasus COVID-19 benar-benar menurun.

“Kalau kita lihat adalah rata-rata per minggu ya, jadi belum bisa dipastikan menurun. Kita lihat dalam 7 hari ke depan,” sambungnya.

Terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kasus Corona harian di Sabtu, Minggu, hingga Senin selalu lebih rendah karena sejumlah laboratorium yang melakukan pemeriksaan spesimen libur.

Sementara ahli epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menilai penurunan kasus drastis malah mengkhawatirkan karena tidak menggambarkan kondisi kasus yang sebenarnya sehingga ada potensi sulit menjalani mitigasi.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here