KTRINDONESIA – Indonesia baru saja kedatangan vaksin COVID-19 Pfizer di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (2/9/2021). Seiring kedatangan Pfizer, target baru vaksinasi COVID-19 di RI mencapai 2,3 juta dosis per hari di September 2021.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menyebut Indonesia akan mendapatkan 54,6 juta vaksin COVID-19 Pfizer. Kedatangan hari ini adalah kedatangan vaksin Pfizer kedua dengan total sebanyak sebanyak 1.195.340 dosis. Sebelumnya, sebanyak 1,5 juta dosis sudah diterima.

“Sejak pertama vaksinasi 13 Januari lalu, kita mencapai 50 juta orang di bulan Juni atau dalam waktu 26 minggu. Di akhir Agustus kemarin kita berhasil mencapai 50 juta kedua hanya kurang lebih enam minggu sejak 50 juta vaksinasi pertama,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/9/2021).

BACA JUGA  Daerah Yang Terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Banten Diizinkan Sekolah Tatap Muka Terbatas

“Jadi percepatan vaksinasi sudah sedemikian rupa sehingga kita semakin lama semakin punya pengalaman untuk vaksinasi ini lebih cepat. Sehingga kita targetkan dalam waktu bulan September ke depan kita bisa mencapai 2,3 juta dosis suntikan per hari,” lanjut Dante.

Menurutnya, stok vaksin COVID-19 di Indonesia sepanjang Agustus 2021 bertambah sebanyak 43 juta dosis. Rata-rata sebanyak 8-15 juta dosis telah didistribusikan ke daerah-daerah.

“Laju suntikan berhasil disuntikkan menjadi 10 juta per 10 hari sejak bulan Agustus dengan distribusi vaksin sebesar 15,2 juta di pekan keempat Agustus dan 20,3 (juta dosis) di pekan kelima Agustus hingga awal September ini. Kami optimis target 2,3 juta dosis per hari akan dapat tercapai,” pungkas Dante.

BACA JUGA  Alumni Akpol 91 dan Mahasiswa Gencarkan Vaksinasi Percepat Herd Immunity

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here