KTR INDONESIA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dengan diluncurkannya sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau online single submission (OSS) berbasis risiko akan semakin mempermudah pelayanan perizinan berusaha di Indonesia. Dia mengaku telah mendengar banyak aspirasi dari para pelaku usaha yang membutuhkan pelayanan yang cepat dan mudah.

“Saya sudah banyak mendengar aspirasi para pelaku usaha dari yang kecil, menengah sampai yang besar yang mereka sampaikan semuanya sama. Para pelaku usaha membutuhkan layanan yang mudah, yang cepat dan yang tidak berbelit-belit Jika ini terpenuhi maka saya yakin akan memberikan dampak yang signifikan bagi pergerakan ekonomi nasional maupun di daerah,” katanya, Senin (9/8/2021).

BACA JUGA  Update Terbaru Hari ini, Covid-19 12 Oktober 2021: Positif 4.229.813 Orang, 4.065.425 Sembuh dan 142.763 Meninggal

Dia pun memperingatkan dengan adanya OSS ini jangan sampai mendengar kembali adanya kesulitan yang dihadapi oleh para pengusaha.

“Saya tidak mau lagi mendengar ada suap. Semua harus dilakukan secara terbuka, secara transparan dan memudahkan para pengusaha. Jika ada aparat pemerintah yang tidak bersih, yang mencoba-coba laporkan pada saya,” ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa reformasi layanan perizinan adalah untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha. Termasuk mendorong agar lebih banyak wirausaha baru.

“mempercepat transformasi sektor informal menjadi sektor formal. Dan yang paling penting akan menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” pungkasnya. (Editor: glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here