KTRINDONESIA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf) telah menyerahkan wacana pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman) dalam rapat terbatas (ratas) pada Senin 30 Agustus 2021.

Sandiaga mengatakan materi dan aglomerasi akan segera ditentukan, apakah nantinya Bali akan menurunkan status PPKM level 4 menjadi 3. Jika levelnya turun, maka sinyal Bali akan dibuka untuk wisman makin kuat.

“Tapi seandainya turun hal ini akan menjadi sinyal kita untuk pembukaan Bali,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual.

Kemudian terkait dengan rencana pembukaan Bali yang akan dilakukan pada September 2021, menurut Sandiaga sampai saat ini belum ada kepastian dan juga kesepakatan.

BACA JUGA  Sidang Tahunan MPR 2021, Jokowi Pakai Baju Adat Suku Baduy

“Terkait isu adanya rencana pembukaan Bali untuk wisatawan mancanegara menjadi September 2021, yang diberitakan salah satu media luar negeri hingga saat ini belum ada waktu pasti kapan Bali akan dibuka,” terangnya.

Lebih lanjut, adanya pra-kondisi persiapan pembukaan Bali nantinya akan segera disiapkan. Selain itu juga termasuk persiapan ITDC pengelola kawasan The Nusa Dua ditetapkan masuk green zone, dan ditinjau terkait dengan kesiapannya.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here