KTRINDONESIA – Wisata Benteng Ulantha di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo kembali dibuka untuk umum, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan pembatasan jumlah pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango, Lukman A. Daud di Gorontalo mengatakan, dalam mendukung pembukaan wisata Benteng Ulantha Pemerintah telah melakukan pembenahan di berbagai komponen untuk meningkatkan keindahan dan kebersihan wisata tersebut.

“Beberapa komponen yang sudah diperbaiki yaitu kebersihan lokasi, kamar mandi, jaringan listrik, air, dan beberapa bagian telah kita beri keindahan,” kata Lukman. Senin.

Ia juga menuturkan dalam beberapa minggu terakhir objek wisata Benteng Ulantha banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk pengambilan foto dan pembuatan video klip tarian.

BACA JUGA  Target Vaksinasi Covid-19 Tercapai, Pantai Batukaras dan Madasari Akhirnya Dibuka Lagi

“Kami berpesan kepada para pengunjung agar tetap berhati-hati karena tempatnya berada di ketinggian,” tuturnya.

Lukman mengungkapkan, pembukaan kembali Objek Wisata Benteng Ulantha ini juga bersamaan dengan pemberlakuan retribusi masuk bagi para pengunjung.

“Dari Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah itu sudah memberikan sinyal kepada kita bahwa penerapan tanda retribusi itu ada. Untuk dewasa Rp5 ribu dan anak-anak Rp3 ribu,” ungkapnya.

Penerapan retribusi ini, kata Lukman tidak lain untuk meningkatkan tata kelola tempat wisata agar bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

“Retribusi ini nantinya kita lakukan secara tunai maupun non tunai dengan menggunakan QRIS yang didampingi oleh bidang pendapatan BKPD,” katanya.

Ia juga menambahkan pihaknya tetap akan melakukan edukasi kepada para pengunjung tempat wisata untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat berkunjung.

BACA JUGA  2 Wisata di Solo Siap Sambut Wisatawan, Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Wajib Untuk Mengikuti Prokes

“Kita juga telah menyiapkannya di tempat wisata Ulantha,” tandasnya.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here