KTRINDONESIA – Sedikitnya ada lima gunung tertinggi di Jawa Barat yang sering jadi pilihan pendakian oleh traveler pencinta alam. Gunung-gunung tersebut menawarkan pemandangan indah sehingga menarik bagi wisatawan.

Jawa Barat memang memiliki banyak gunung indah untuk didaki. Para pendaki biasanya sangat tertantang mendaki gunung-gunung yang tinggi.

Berikut ini beberapa rekomendasi gunung tertinggi di Jawa Barat yang wajib diketahui oleh para pendaki.

Gunung Ciremai

Nomor satu gunung tertinggi di Jawa Barat ialah Gunung Ciremai, yang secara administratif berada dalam wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Ketinggian gunung ini yakni 3.078 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Ada 3 jalur untuk mencapai puncak Ciremai ini, yakni jalur Palutungan, Linggarjati (Kabupaten Kuningan) dan melalui Apuy di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA  5 Trend Traveling yang Diminati Kaum Milenial

Setelah sampai di puncak Ciremai, Anda dapat melihat sederet gunung yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah karena lokasinya yang berdekatan.

Gunung Pangrango

Gunung Pangrango berada di 3 wilayah, yakni Kabupaten Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Ketinggian gunung ini mencapai 3.019 mdpl.

Gunung Pangrango terletak bersebelahan dengan Gunung Gede dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Selain itu, di kawasan ini Anda dapat berkunjung ke Lembah Mandalawangi untuk melihat bunga edelweiss.

Gunung Gede

Diurutan ke tiga gunung tertinggi di Jawa Barat ialah Gunung Gede yang berada di dua wilayah yakni Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Gunung ini memiliki ketinggian 2.958 mdpl. Gunung Gede juga masuk ke kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

BACA JUGA  Panduan Wisata ke Negeri di Atas Awan Banten, Rute hingga Waktu Terbaik

Keindahan alam Gunung Gede nampaknya lebih memukau dibanding Gunung Pangrango yang tertutup rimbunan pohon. Di sini, Anda dapat menikmati lautan awan di puncak Gunung Gede.

Gunung Cikuray

Gunung ini terletak di Kabupaten Garut. Gunung dengan ketinggian 2.821 mdpl ini tidak memiliki kawah yang aktif.

Walau hampir semua permukaannya berupa hutan, namun setelah sampai puncak, Anda tetap dapat memandangi lautan awan dan pemandangan Kabupaten Garut.

Gunung Papandayan

Masih di Kabupaten Garut, Gunung ini tidak memiliki puncak karena bentuk gunungnya tidak kerucut.

Ketinggian gunung ini mencapai 2.665 mdpl. Di sana Anda dapat menemukan hamparan bunga edelweiss juga kawah gunung.
(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here