Teras Rumah Nenek: Menikmati Tilapia Bakar Sambal Matah di Kebun yang Asri

0
0

KTRINDONESIA.COM – Restoran satu ini bisa jadi pilihan tempat bersantai karena dikelilingi kebun asri dengan pohon rimbun. Ada menu tilapia bakar sambal matah racikan nenek yang sedap.

Kamu bisa mengobati kangen suasana rumah nenek di kampung halaman yang asri dengan pohon rimbun. Coba datangi Teras Rumah Nenek, sebuah restoran di bilangan Cibubur, Jakarta Timur. Masuk ke restoran ini serasa sedang main ke rumah nenek.

Dari depan tidak tampak kalau bangunan ini adalah restoran, justru terlihat seperti rumah tinggal yang memiliki halaman depan cukup luas. Sebuah papan nama kecil terpajang di depan resto ini.

Masuk ke bagian depan, kami disambut gemericik air dari pancuran kolam ikan koi. Terdapat juga area bar yang dijadikan tempat meracik minuman.

Setelah melewati lorong samping rumah barulah tampak halaman luas yang dijadikan tempat bersantap. Sebuah lapangan beralaskan tanah berumput dengan beberapa pohon buah yang tampak rimbun.

Wah, tak sabar rasanya ingin duduk santai di bawah pohon sambil makan menu enak racikan nenek.Di sini pengunjung bisa memanjakan lidah dengan berbagai makanan Indonesia maupun barat.

Pilihan menunya ada Tilapia Bakar Sambal Matah, Sate Maranggi, Lele Kremes, Iga Bakar hingga paket Grill dan Suki yang bisa disantap ramai-ramai.

  1. Suasana asri dikelilingi pohon buah

Area makan di resto ini mengusung konsep outdoor dengan suasana asri. Berbagai pohon buah yang rimbun menjadi ‘atap’ alami yang melindungi pengunjung dari sengatan panas matahari.

Ada berbagai pohon buah seperti pohon rambutan, pohon kelapa, pohon mangga hingga pohon petai. Beberapa pohon bahkan memiliki buah lebat yang menggantung dan siap dipanen.

BACA JUGA  Aneh, Bule Ini Panggang Daging di Atas Knalpot Motor

Pengunjung bisa duduk di bawah pohon tanpa khawatir akan kepanasan. Semilir angin pun terasa berhembus perlahan mengusir rasa gerah. Untuk tempat makannya sendiri ada meja dan kursi kayu sederhana.

  1. Tilapia Bakar Sambal Matah yang Pedas Nendang

Suasana yang adem seperti ini otomatis bikin ngantuk sekaligus lapar. Jangan lewatkan aneka makanan enak di sini, salah satunya Tilapia Bakar Sambal Matah (Rp 40.000). Ikan tilapia alias ikan nila berukuran sedang dimasak dengan cara digoreng setengah matang kemudian dibakar dengan olesan bumbu kecap.

Ikan ini disajikan dengan nasi putih dan sambal matah dalam wadah plastik sekali pakai. Sebelum dimakan, guyur dahulu ikan bakar dengan sambal matahnya agar terasa pedas segar yang nendang.

Karena sudah digoreng sebelum dibakar, ikan ini memiliki tekstur renyah dan dagingnya sedikit kering. Makin enak disantap dengan sambal matah yang terdiri dari irisan cabai rawit, bawang merah, serai dan daun jeruk. Sayangnya ikan nila yang disajikan terbilang berukuran kecil sehingga kami kurang puas melahapnya.

  1. Sate Maranggi yang Empuk Juicy

Di Teras Rumah Nenek ada menu sate maranggi (Rp 45.000) khas Purwakarta yang wajib dipesan. Olahan sate daging sapi ini punya tekstur super empuk dan juicy. Rasanya manis dengan semburat tipis rasa ketumbar dan bawang putih yang jadi bumbu olesan.

Setiap tusuk sate maranggi ini dilengkapi lemak yang lumer begitu dikunyah. Makin lengkap lagi jika disantap dengan sambal cabai rawit dan tomat yang sudah diuleg kasar serta ditambah kecap manis. Rasa pedas sambalnya tidak main-main.

  1. Bisa Santai Sambil Ngemil Mix Platter
BACA JUGA  Resep Camilan Lumpia Udang Suun yang Gurih Renyah dan Enak

Kalau tak mau makan berat, kamu bisa memesan menu Mix Platter (Rp 45.000). Seporsi camilan gurih ini terdiri dari french fries yang diberi saus keju, keripik singkong, chicken wings dan onion ring. Menu ini disajikan dengan pelengkap saus sambal sebagai cocolan.

Untuk rasanya, sebenarnya tidak terlalu spesial namun menu ini cocok jadi camilan yang bisa disantap secara sharing. Menu Mix Platter ini juga disajikan menggunakan wadah sekali pakai.

Ternyata penggunaan wadah sekali pakai ini baru diterapkan sejak pemerintah mengeluarkan aturan PPKM. Tujuannya untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Sebelumnya resto ini menyajikan makanan menggunakan piring.

  1. Pilihan minuman segar

Selain bisa makan enak, kamu juga bisa melegakan tenggorokan dengan ragam pilihan mocktail. Bagi penggemar kopi juga ada pilihan minuman berbahan dasar kopi yang nikmat disajikan panas maupun dingin.

Pilihannya ada Kopinang alias kopi susu gula aren, K-pop alias kopi susu popcorn, Kopikir alias kopi susu dengan topping oreo atau Regal.Ada juga olahan minuman berbahan Yakult seperti Sokult leci, Pink Lava, hingga Sokult Lemon.

Restoran ini selalu jadi primadona tujuan tempat makan keluarga ataupun millenial. Area halaman yang luas bisa menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Serasa di rumah nenek!

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com

Teras Rumah Nenek

Jl. Abdul Rahman No. 46 Cibubur

Ciracas, Jakarta Timur

Telepon : 081294811318

(glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here