KTRINDONESIA – Warung nasi tersembunyi di wilayah Kuningan ini viral di media sosial. Karena menyajikan nasi rames telur bebek yang disiram kuah semur dengan harga murah.

Buka selama 24 jam, Warung Nasi Belek mungkin tampak sederhana bahkan terkesan jadul jika dibandingkan warung nasi dan tempat makan di sekitarnya. Letaknya cukup ‘ngumpet’, di belakang area Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menunya juga tidak banyak, hanya telur dadar bebek yang digoreng garing. Kuah semur daging sapi, semur telur bebek, aneka ikan goreng, tempe tepung, sayur kol dan sambal.

Tapi dibalik menu dan warungnya yang sederhana, terdapat sajian nasi rames unik yang murah meriah dan hanya bisa ditemukan di Warung Nasi Belek.

Berikut berapa menu yang wajib dicoba saat mampir ke Warung Nasi Belek.

  1. Warung Nasi Belek yang Legendaris

Ketagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah AbisKetagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Abis Foto: detikFood

Menurut Yanto, selaku sang pemilik sekaligus juru masak Warung Nasi Belek, ia pertama kali mulai menggeluti usaha warung nasi ini dari tahun 1980-an. Dulu sebelum membuka warung nasi ini, dia bekerja di warung nasi milik kerabatnya menjadi kasir.

Setelah mendapatkan trik dan cara mengelola warung nasi, Yanto akhirnya membuka Warung Nasi Belek yang letaknya tak jauh dari area kantor elite dan pemukiman penduduk di Kuningan.

“Nama Warung Belek itu diambil dari nama ‘betah melek’. Karena warung nasi ini dari awal buka memang 24 jam tak pernah tutup,” ungkap Yanto, yang sampai sekarang masih turun langsung untuk membuat telur dadar bebek andalannya.

  1. Menu Nasi Telur Bebek yang Terbatas

Meski sudah viral dan dikenal banyak orang, tapi Yanto tak pernah mau menyimpan stok telur dadar bebeknya dalam jumlah besar. Dia lebih suka membuat tiga kali jadwal goreng telur bebek.

Gorengan telur dadar bebek pertama biasanya sekitar jam 9 pagi atau jam 10 pagi saat orang sarapan. Kemudian baru Yanto membuat telur dadar bebek di jam 5 sore, dan terakhir di jam 10 malam.

BACA JUGA  Resep Memasak Nasi Pecel Santan yang Segar Gurih Enak dan Mantul

“Sehari itu bisa abis sekitar 200-250 butir telur bebek ya. Untuk setiap kali goreng itu, bisa buat sampai 100 porsi telur dadar,” lanjutnya. Telur dadar bebeknya, dicampur dengan tambahan adonan tepung terigu, daun bawang, dan bawang putih halus serta penyedap rasa. Jadi teksturnya lebih krispi dan cepat garing saat digoreng.

  1. Telur Bebek Kuah Semur

Banyak pembeli yang harus kecewa karena kehabisan telur bebek spesial di Warung Belek. Tapi ada juga yang rela menunggu, sampai jadwal Yanto membuat telur gorengnya. Bukan tanpa alasan mengapa orang-orang rela menunggu telur dadar bebek di sini.

“Orang-orang pada suka makan nasi rames pakai telur di sini, mungkin karena kita cuma pakai telur bebek, ga pakai telur ayam. Terus harganya murah. Nasi rames, lengkap nasi, kuah semur, telur bebek, sambel sama sayur tumis itu cuma Rp 10.000 saja. Tambah gorengan tempe atau tahu cuma Rp 1.000 aja,” sambung Yanto, yang kini sudah memiliki 6 karyawan di Warung Belek.

Untuk hidangan pelengkap saat makan nasi telor, Yanto hanya menyediakan beberapa menu ramesan sederhana. Misalnya ikan tongkol goreng, sayur asem, sayur sop, tumis kol, gorengan tempe dan tahu, semur telur bebek, dan semur daging.

  1. Cita Rasa Sederhana yang Bikin Nagih

Ketagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah AbisKetagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Abis Foto: detikFood

Walau konsepnya hanya nasi rames dengan telur bebek dan siraman kuah semur daging. Tapi rasanya boleh diadu dengan nasi rames kelas restoran. Porsi nasi hingga telur yang tak pelit, membuat orang rela menunggu lama untuk bisa makan telor dadar ini.

Biasanya Yanto menjual telor bebeknya dalam potongan, tapi bisa juga minta 1 porsi telur dadar seharga Rp 10.000 saja. Lengkap dengan guyuran kuah semur pedas manis yang menambah selera makan.

BACA JUGA  Resep Spaghetti Sosis Pedas yang Enak dan Praktis

Ketagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah AbisKetagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Abis Foto: detikFood

Karena semua telur dadar dibuat dadakan dan masih hangat, jadi tekstur krispi tapi lembut di dalam paling terasa menonjol saat mencicipi telur dadar legendaris ini.

Siraman kuah semur yang manis pedas dari kecap dan bumbu rempah di dalamnya, semakin menambah cita rasa enak dari telur bebek yang dasarnya sudah lebih gurih dari telur ayam.

  1. Kombinasi Nasi Rames Enak dan Merakyat

Ketagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah AbisKetagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Abis Foto: detikFood

Jangan lupa cicip semur daging sapinya seharga Rp 10.000. Potongan daging sapinya cukup besar dan minim lemak. Saat dimakan dengan telur bebek rasanya saling melengkapi atau berjodoh.

Ketika ditanya rahasia racikan telur dadar di Warung Belek ini, Yanto sama sekali tidak pelit informasi. Menurutnya tidak ada bahan istimewa untuk membuat telur bebek ini.

“Telur bebek itu dicampur dan dikocok sama adonan tepung terigu yang sudah diberikan daun bawang. Kemudian ditambahkan penyedap rasa dan garam, aduk lagi, langsung dituang di minyak panas. Tunggu sampai mengembang, balik dan angkat, itu aja sih,” sambungnya.

Untuk sekarang Yanto masih memegang kendali di dapur. Para pegawainya hanya membantunya menyiapkan bahan-bahan hingga melayani pembeli.

“Sampai saat ini belum kepikiran ciptain menu lain. Pokoknya di sini menunya nasi telor bebek, atau telor semur bebek,” pungkasnya dengan ramah.

Buat yang ingin mencicipi nasi rames telor di Warung Belek, pastikan datang tak jauh dari jadwal Yanto menggoreng telur ya agar tidak kehabisan.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here