KTRINDONESIA – Perkembangan penanganan kasus Covid-19 di Indonesia terus membaik. Kasus Covid-19 cenderung menurun. Presiden Joko Widodo mengajak warga untuk mempersiapkan diri dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Dalam berapa waktu ini kasus harian di bawah 10.000 kasus. Angka kesembuhan naik hingga 95,3% atau menembus angka 3.996.125 orang (covid.go.id, 20/09/2021). Namun pada kurun waktu yang sama di 3 provinsi di Jawa jumlah kasus positif harian masih tertinggi, yaitu di Jawa Timur sebanyak 234 kasus, Jawa Tengah 219 kasus dan Jawa Barat 170 kasus.

Jokowi mengatakan, covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat. Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan vaksinasi merupakan cara terbaik dalam melindungi diri dari penyebaran covid-19.

Selain tetap menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi, yang juga tetap penting adalah menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Upaya untuk menjaga kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang, mengonsumsi vitamin, menjaga pola hidup sehat, termasuk istirahat yang cukup dan rutin berolahraga.

BACA JUGA  Daftar Sebaran Terbaru Varian Delta di 25 Provinsi Indonesia

Dokter Henry Suhendra, dalam webinar bertajuk “Konsumsi Vitamin D dan Pola Hidup Sehat untuk Mencegah COVID-19 ” mengatakan, vitamin memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya vitamin D yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin D dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi.

Tak hanya itu, vitamin D dapat diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi dan konsumsi suplemen. Menurut dr. Henry, dalam mengonsumsi suplemen, setiap orang memiliki dosis yang berbeda.

“Masyarakat diimbau agar tidak mengonsumsi vitamin D sembarangan. Konsultasikan terlebih dahulu melalui dokter untuk mengetahui dosis vitamin D yang sesuai dengan kondisi tubuh agar tidak berlebihan,” jelas dr. Henry Sindonews, Kamis (12/8/2021).

BACA JUGA  WHO Soroti Penurunan Tes COVID-19 RI dan Tingginya Penularan di 7 Provinsi

Menerapkan pola hidup sehat, juga berarti rutin berolahraga. Kebiasaan berolahraga, pengelolaan stress yang baik, dan istirahat cukup merupakan konsep penting dalam menjalani pola hidup sehat.

Di webinar yang sama binaragawan Ade Rai mengatakan, aktivitas olahraga juga sangat penting, sebab dengan berolahraga tubuh memiliki proteksi dari dalam.

“Penerapan protokol kesehatan saja tidak cukup. Dalam kondisi pandemi seperti ini kita juga memerlukan proteksi dari dalam yang tidak hanya berasal dari pikiran dan energi, tetapi juga dalam hal aktivitas gerak, yaitu olahraga,” kata Ade Rai (Sindonews.com, Kamis , 12/8/2021).

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here