KTRINDONESIA – Vitamin dan mineral menjadi dua nutrisi penting bagi tubuh, terutama di masa pandemi. Pasalnya, kedua nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kerja organ-organ dalam tubuh lebih maksimal.

Dikutip dari Help Guide, setidaknya dibutuhkan 30 vitamin, mineral dan nutrisi lainnya untuk mendorong organ-organ untuk bekerja. Oleh karena itu, kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan kelelahan hingga terserang penyakit. Di samping membantu proses kerja organ, asupan vitamin dan mineral juga memiliki fungsi lain seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

  1. Membantu Metabolisme & Pencernaan

Metabolisme merupakan proses mencerna makanan menjadi energi dalam tubuh. Dalam hal ini, vitamin dan mineral berperan penting dalam mengoptimalkan proses pencernaan dan metabolisme. Pusat Medis Universitas Maryland mencatat semua vitamin B, termasuk vitamin B2 dan B9, berperan penting untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Mineral seperti zat besi juga berperan untuk proses metabolisme tubuh.

  1. Menyehatkan Jantung

Vitamin esensial seperti vitamin B9 atau asam folat ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, asam folat terbukti dapat mengurangi kadar homosistein yang dapat memicu risiko penyakit jantung. Sementara mineral seperti zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Hal ini tentu dapat meningkatkan kerja organ termasuk jantung. Mengingat hemoglobin merupakan protein pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, termasuk jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh
BACA JUGA  Indonesia Dinilai Perlu Bentuk Satgas Bencana Kesehatan

Vitamin dan mineral ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti halnya vitamin B2 yang dapat menjaga kesehatan kulit, saraf, dan mata, serta vitamin B9 yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, mineral seperti zat besi juga mampu memelihara jaringan tubuh sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya. Sedangkan mineral zinc mampu menyehatkan kuku, gigi, hingga rambut.

  1. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat tubuh cepat lelah, bahkan hingga mengalami anemia. Untuk itu, mengonsumsi daging merah, sayuran, hingga makanan laut yang mengandung zat besi dapat meningkatkan kesehatan tubuh sehingga terhindar dari anemia. Selain zat besi, vitamin B9 juga berperan untuk mencegah munculnya anemia. Sebab, vitamin ini dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga tetap tercukupi.

BACA JUGA  Pentingnya Gotong Royong dalam Mengatasi Pandemi Covid-19

Nah, itulah beberapa manfaat penting dari vitamin dan mineral. Adapun seluruh kandungan vitamin dan mineral dapat diperoleh dari makanan bergizi seperti sayur, buah, susu, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

Bicara soal makanan bergizi, pengolahan makanan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Apalagi kebanyakan makanan di Indonesia diolah dengan cara digoreng. Untuk itu, pastikan pemilihan bahan baku minyak dan tepung bumbu juga harus sehat.

Sasa Tepung Bumbu Bervitamin dan Bermineral merupakan tepung bumbu pertama dan satu-satunya yang bervitamin dan mineral. Bahkan seluruh kandungan vitamin dan mineral mulai dari zinc, zat besi, vitamin B2 dan B9 telah ada di dalamnya. Jadi, makan gorengan kini bisa jadi lebih nikmat dan sehat.

Selain vitamin dan mineral, Sasa Tepung Bumbu Bervitamin dan Bermineral juga juga telah difortifikasi dengan kalsium dan serat pangan. Kandungan kalsium dalam Sasa Tepung Bumbu Bervitamin dan Bermineral bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara serat pangan baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi tingkat kolesterol serta risiko penyakit kardiovaskuler.

(editor:glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here