KTR INDONESIA – Rasa sakit perut melilit yang muncul secara tiba-tiba dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari gangguan pencernaan hingga kontraksi otot seperti yang dialami wanita saat menstruasi.

Ada beberapa obat sakit perut alami yang diketahui dapat membantu meredakan gejala. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan apa yang kira-kira menjadi penyebab sakit perut melilit.

Berikut beberapa obat sakit perut alami yang mudah didapat seperti dikutip  dari berbagai sumber:

  1. Air putih

Kadang rasa sakit perut bisa timbul karena aktivitas asam lambung. Untuk sedikit membantu meredakan nyeri, beberapa ahli menyarankan segera minum air putih.

Harapannya air putih dapat menetralisir kandungan asam lambung.

  1. Susu

Obat sakit perut karena produksi asam lambung berlebih berikutnya adalah susu. dr Helmin Agustina Silalahi dari Health Division PT Kalbe Farma menjelaskan sifat susu yang tidak terlalu asam juga bisa mmebantu menetralisir asam lambung.

Namun, perlu diperhatikan apakah seseorang memiliki kondisi intoleransi laktosa. Jangan berikan susu pada pengidap kondisi tersebut karena malah bisa membuat sakit perut semakin menjadi.

“Susu murni dapat dikonsumsi kapanpun selama tidak ada riwayat sensitif terhadap susu maupun kandungannya. Namun jika sudah diketahui ada riwayat tersebut, sebaiknya hindari minum susu atau minum susu bersama makanan lainnya,” kata dr Helmi.

  1. Kayu manis
BACA JUGA  Yuk Jaga Kesehatan Jantung dengan Mengkonsumsi Cokelat Hitam

Rempah-rempah kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. Studi yang dilakukan oleh peneliti di RMIT University, Australia, menyebut kayu manis bisa memberi efek ‘menyejukkan’ di dalam perut karena mengurangi produksi gas di dalam lambung.

“Kehadiran kayu manis dalam makanan bisa mengurangi gas ini dengan menahan produksi asam lambung dan pepsin di dinding perut,” kata pemimpin studi Profesor Kourosh Kalantar-Zadeh.

  1. Jahe

Jahe sudah terkenal sebagai herba yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut. Kandungan di dalam jahe mempunyai manfaat seperti anti radang, mengatasi mual, kembung, gastroprotektif, hingga menjaga imunitas tubuh.

“Semua zat aktif dalam jahe merah bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, terutama gingerol dan shogaol melalui mekanisme anti peradangan, anti gas, dan mengatasi mual,” kata dr Helmin.

  1. Air kelapa

Bila sakit dipicu oleh keram otot, maka air kelapa dapat menjadi obat sakit perut alami. Air kelapa memiliki kandungan magnesium dan potasium yang bisa mengurangi keram serta kejang pada otot.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau minuman lainnya untuk membantu meredakan nyeri perut. Ini karena kandungan lidah buaya bersifat antiradang dan juga kaya akan serat.

BACA JUGA  4 Manfaat Vitamin & Mineral untuk Jaga Kesehatan Saat Pandemi

Serat pada lidah buaya bisa membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga membantu nyeri perut yang mungkin muncul karena konstipasi.

  1. Teh kamomil

Teh kamomil juga bisa jadi pilihan obat sakit perut karena sifatnya yang antiradang. Konsumsi teh kamomil disebut dapat membantu meredakan sakit perut, kembung, hingga kram menstruasi.

  1. Terapi panas

Bila sakit perut terjadi karena keram, maka terapi panas bisa dilakukan untuk membantu meredakannya. Letakkan handuk hangat atau botol berisi air hangat pada area perut agar otot-otot yang kejang bisa lebih rileks.

Mandi air hangat juga bisa dilakukan sebagai bentuk terapi.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herba yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. dr Helmin menyebut kandungan kunyit dapat membantu menambah lapisan dinding lambung sehingga tidak mudah teriritasi oleh asam lambung.

Biasanya orang-orang mengonsumsi kunyit dalam ramuan yang dicampur herba lainnya, seperti jahe dan juga madu.

  1. Madu

Berdasarkan riset yang dipublikasi di Indian Journal of Medical Research 2013, madu disebut bisa menjadi obat sakit perut alami. Ada beberapa manfaat madu yang diperhatikan peneliti yaitu tinggi antioksidan, antiradang, dan bisa melindungi selaput lendir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here