KTR INDONESIA – Tim bulu tangkis Indonesia langsung dihadapkan target besar lainnya setelah Olimpiade Tokyo 2020.

Tim bulu tangkis mempersembahkan dua medali untuk Merah Putih melalui Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu membawa pulang medali emas, sedangkan Anthony Sinisuka Ginting merebut medali perunggu. Greysia/Apriyani dan Anthony Ginting juga sudah tiba di Tanah Air pada Rabu (4/8/2021) malam WIB bersama dengan Praveen Jordan, para pelatih, serta atlet dari angkat besi, atletik, dan menembak.

Setelah turun dari pesawat, rombongan diberikan penghargaan berupa water salute lalu diikuti acara penyambutan. Hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, dan beberapa pimpinan cabang olahraga lainnya.

Agung Firman Sampurna secara khusus mengingatkan bahwa tim bulu tangkis Indonesia tidak bisa lama-lama beristirahat dan harus segera mengalihkan fokus ke turnamen berikutnya.

Berdasarkan jadwal BWF selaku induk bulu tangkis dunia, ada tiga turnamen beregu prestisius yang akan digelar tahun ini yaitu Piala Thomas dan Uber serta Piala Sudirman.

BACA JUGA  Skor Prediksi Timnas Indonesia vs Singapura Leg 2

“Tidak tertahan rasa bangga yang membuncah dalam hati ini, tadi saya sudah bertemu dengan mereka (Greysia/Apriyani dan Anthony Ginting) secara personal dan rasa bahagia atas kemenangan itu masih sangat terasa sekarang,” ujar Agung.

“Meskipun demikian, saya katakan bahwa kami cuma punya waktu yang sebentar untuk beristirahat karena khusus olahraga bulu tangkis harus mempersiapkan diri untuk turnamen internasional yang akan digelar dalam waktu dekat ini Piala Sudirman dan Piala Thomas-Uber. Kami punya ambisi besar untuk mendapatkannya,” ucap Agung.

“Saya menyampaikan kepada teman-teman yang belum beruntung di Olimpiade, turnamen selanjutnya adalah saatnya untuk revans. Jadi, mari kita persiapkan dan evaluasi sebaik-baiknya. Semoga lambang supremasi bulu tangkis tersebut bisa kembali tahun ini,” tutur Agung Firman Sampurna.

Adapun Piala Sudirman 2021 dijadwalkan berlangsung di Vantaa, Finlandia, pada 23 September-3 Oktober.

Piala Sudirman yang merupakan kejuaraan beregu campuran akan mempertandingkan lima nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

BACA JUGA  Real Madrid vs AC Milan Malam Ini Dapat Disaksikan di RCTI+

Indonesia baru satu kali menjadi juara Piala Sudirman yaitu pada edisi pertama tahun 1989 ketika berlangsung di Jakarta.

Sementara untuk Piala Thomas dan Uber yang sempat ditunda satu tahun karena pandemi virus corona, akan berlangsung pada 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Piala Thomas adalah kejuaraan beregu putra, sedangkan Piala Uber merupakan turnamen beregu putri. Di Piala Thomas-Uber, setiap negara akan mempertandingkan tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda.

ndonesia sejauh ini masih mejadi peraih gelar terbanyak di Piala Thomas dengan 13 titel. Namun, terakhir kali Indonesia meraih juara Piala Thomas adalah 19 tahun lalu, tepatnya pada 2002.

Untuk Piala Uber, Indonesia sudah mengoleksi tiga gelar juara dengan titel terakhir diraih pada tahun 1996. Setelah itu, pencapaian terbaik tim Uber Indonesia adalah menjadi runner-up pada tahun 2008.

Adapun skuad badminton Indonesia untuk Piala Sudirman akan diumumkan pada 13 September 2021, sedangkan untuk Piala Thomas dan Uber diumumkan pada 24 September 2021. (Editor: glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here