KOMPAS.com – Softball atau sofbol merupakan salah satu permainan bola kecil selain golf, tenis meja, maupun, bola kasti. Gerak dominan dalam permainan softball adalah memukul, menangkap, melempar, dan berlari. Pada artikel ini, akan membahas teknik menangkap bola ground ball dalam permainan softball.

Mengutip dari buku Softball dan Baseball (Teori dan dan Praktik), 2019, karya Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd, ground ball merupakan satu dari tiga teknik menangkap bola. Ground ball disebut juga dengan teknik menangkap bola bergulir.

Ground ball dalam softball adalah teknik menangkap bola yang bergerak menyusur atau mengelinding di tanah dari hasil pukulan atau lemparan. Untuk menangkap bola dengan menggunakan teknik ini, dapat dilakukan dengan cara menghampiri datangnya bola.

BACA JUGA  Kylian Mbappe Resmi Gabung Real Madrid Hari Selasa Capai 95 Persen

Selain itu, bisa juga dengan menunggu datangnya bola di tempat.

 Berikut adalah cara melakukan teknik ground ball dalam softball:

  1. Pemain bersiap dengan posisi menerima bola, lalu pandangan mata tertuju pada arah lemparan atau pukulan bola.
  2. Ketika bola datang, songsonglah bola dengan berlari.
  3. Setelah bola mendekat letakkan lutut bertumpu pada tanah, kaki yang satu sebagai kaki tolakan untuk berdiri. Kemudian letakkan punggung sarung tangan (glove) di tanah dengan menghadap bola, lalu tangan yang kanan bersiap membantu menjaga bola yang telah masuk di glove agar tidak mental ke luar.
  4. Setelah bola masuk di glove, segera berdiri bertumpu kaki kanan, kaki kiri melangkah untuk melempar bola.
BACA JUGA  Atlet Olimpiade Tokyo Ketahuan Pesta Miras, Sanksi Menanti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here