KTR INDONESIA – Arsenal resmi menebus bek tengah berkebangsaan Inggris, Ben White, dari klub Brighton & Hove Albion dengan banderol 50 juta pound atau setara 1 triliun rupiah. Dengan nilai transaksi tersebut, Ben White menyandang status sebagai bek tengah termahal yang pernah dibeli Arsenal sejak era kompetisi teratas Liga Inggris atau Premier League bergulir pada 1992. Mengutip dari laman BBC, Ben White akan menggunakan nomor punggung 4 yang lowong setelah David Luiz meninggalkan Arsenal pada akhir musim lalu. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, dikabarkan sudah berminat mendapatkan jasa Ben White selama lebih dari setahun terakhir. Tepatnya seusai Ben White menjalani masa peminjaman bersama Leeds United, di ajang kasta kedua kompetisi Liga Inggris, Championship. Saat itu, Ben White sukses membantu Leeds United untuk meraih promosi menuju Premier League dengan meraih gelar juara Championship pada akhir musim 2019-2020.

BACA JUGA  Liga 1 2021-2022 di Depan Mata Kouta Pemain Asing Arema FC Sudah Siap

Jejak karier Ben White sendiri berawal dari akademi klub sepak bola klub Southampton sebelum dilepas pada 2014 lalu. Ben White memperoleh kepercayaan bermain untuk kali pertama berseragam Brighton dalam ajang Piala Liga Inggris pada 2016. Namun setelah laga debutnya tersebut, Ben White dpinjamkan oleh Brighton menuju Newport County dan Peterborough United. Hingga pada akhirnya, kesempatan bermain secara reguler bersama Leeds United di bawah asuhan Marcelo Bielsa didapat Ben White pada 2019.

Seperti dilansir dari laman resmi Premier League, Ben White memiliki kepercayaan diri lebih besar saat menguasai bola usai menjalani masa peminjaman dengan Leeds. Cerminan kepercayaan diri White, terlihat dari data statistik dirinya ketika membela Brighton & Hove Albion di ajang Premier League selama musim 2020-2021. White tercatat menjadi bek yang paling sering menggiring bola melewati pemain lawan, dengan total 18 kali sepanjang musim tersebut. Total umpan panjang yang dilepaskannya menuju kotak penalti tim lawan sepanjang 2020-2021 juga menyentuh 358 kali, atau kedua terbanyak di Premier League. Karakter permainan serta kemampuan mengopernya, dianggap Arteta mampu memenuhi tuntutan tampil sebagai bek tengah Arsenal.

BACA JUGA  Borneo FC Ditinggal Pelatih Mario Gomez, Persib Tak Mau Meremehkan

Pasalnya, seperti dilansir dari laman The Athletic, Arsenal membutuhkan bek tengah yang juga nyaman menguasai bola serta melapis ruang yang ditinggalkan para bek sayap ketika menyerang.

Biodata Singkat Ben White

 Nama Lengkap: Benjamin William White

 Tempat/Tangggal Lahir: Poole, Inggris/8 Oktober 1997

 Kebangsaan: Inggris

Tinggi Badan: 182 cm

Kaki Dominan: Kanan

 ?Posisi Bermain: Bek tengah/kanan

 Karier Sepak Bola:

 Brighton & Hove Albion (2015-2021)

 Newport County (pinjam; 2017-2018)

 Peterborough United (pinjam; 2019)

 Leeds United (pinjam; 2019-2020)

 Arsenal (2021-…)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here