KTR INDONESIA – Progres pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika Lombok menuai tanggapan positif dari promotor MotoGP, Dorna Sports. Hal itu diketahui dari pernyataan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Bambang telah melangsungkan virtual assessment bersama Dorna dan FIM Superbike World Championship (World SBK) pada Kamis 12 Agustus 2021. Pada pertemuan tersebut, Bamsoet -sapaan akrab Bambang- membahas homologasi Sirkuit Internasional Mandalika Lombok yang pembangunannya sudah mencapai 92 persen.

tu merupakan virtual assessment pertama di dunia terhadap sirkuit yang dilakukan dengan cara sangat profesional. Dalam acara tersebut, Dorna diwakili oleh Gregorio Lavilla selaku World SBK Executive Producer dan World SBK Circuit Relations Senior Manager Eva Jirsenska. Virtual assessment itu juga dihadiri Founder and Managing Director MRK 1 Consulting Mark Hughes serta Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto.

Bamsoet mengakui, bahwa tanggapan Dorna terhadap Sirkuit Internasional Mandalika sangat positif. Dirinya juga menambahkan, bahwa sirkuit itu siap digunakan dalam kejuaraan internasional FIM Superbike World Championship (Kejuaraan SBK) pada 12-14 November 2021.

BACA JUGA  Valentino Rossi: Pembalap Muda Italia Punya Masa Depan Cerah di MotoGP

Sementara itu, pada Maret 2022, Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa menggelar kejuaraan bergengsi MotoGP. Hal ini sekaligus menuntaskan penantian panjang selama 26 tahun untuk Indonesia kembali menjadi tuan rumah MotoGP.

“Tanggapan Dorna Sport terhadap progres pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika sangat positif. Lintasan sirkuit juga dipastikan super aman bagi para pembalap. Kepercayaan mereka terhadap progres pembangunan sirkuit dan kawasan Mandalika juga sangat tinggi,” ujar Bamsoet, Jumat (13/8/2021).

“Pemasangan concrete barrier dan pembangunan tunnel yang berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, service area, hotel serta fasilitas lain di dalam area trek, sudah selesai dikerjakan 100 persen. Secara keseluruhan, pekerjaan konstruksi pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika sudah sekitar 92 persen,” lanjutnya.

BACA JUGA  Kalahkan Qatar, Amerika Serikat Lolos ke Final Piala Emas 2021

Ketua MPR inj juga menambahkan, bahwa pengaspalan outer and inner service road sudah mencapai 98 persen. Lalu, pengaspalan track lane 68 persen, pengaspalan run-off 37 persen, run-off gravel 99 persen dan run-off grass 98 persen. Tak hanya itu, dia berharap kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar dapat mendukung peralatan medical center di dalam Sirkuit Internasional Mandalika.

“Sedangkan pekerjaan bangunan infrastruktur di dalam sirkuit seperti race control sudah mencapai 83.75 persen dan pondasi pit building mencapai 85.9 persen,” jelasnya.

“Kita harapkan juga Kementerian Kesehatan bisa segera menyediakan peralatan kesehatan medical center di dalam sirkuit, guna mendukung keberadaan Sirkuit Internasional Mandalika,” pungkasnya.

Jika semua berjalan lancar, para pencinta balap motor di Tanah Air bisa menyaksikan aksi Marc Marquez (Repsol Honda) di Sirkuit Internasional Mandalika mulai MotoGP 2022.

(glh/sumber:okezone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here