KTR INDONESIA – Liga 1 2021 bakal digelar dengan protokol kesehatan yang lebih ketat dibanding Piala Menpora 2021. Semua yang masuk stadion wajib divaksin COVID-19 lengkap.

Masih sama seperti kebijakan sebelum di Piala Menpora 2021, maksimal cuma 299 orang yang diizinkan masuk ke dalam stadion di laga sepakbola. Pembatasan ini dilakukan demi menekan potensi penyebaran COVID-19 di pertandingan.

Mereka yang boleh masuk stadion adalah pemain starter (11 pemain), pemain cadangan (10 pemain), ofisial tim (8 orang), ofisial pertandingan, general coordinator, media officer, petugas medis, sopir ambulan, security, kepolisian, PMK, wartawan (20 orang; 10 wartawan tulis & 10 fotografer media), juru kamera, kru televisi, anak gawang, bertugas aboard, operator stadion, LOC, VVIP, PSSI/LIB.

BACA JUGA  Jelang Inter Milan vs Real Madrid, Ancelotti Ungkap Arti Penting Liga Champions untuk Los Blancos

“Yang terlibat 299 orang, sudah wajib vaksin. Yang belum vaksin kami daftarkan, kami berharap di dalam pertandingan dan di tengah kompetisi, bisa divaksin. Kita tahu bahwa rata-rata pemain Liga 1 semuanya sudah divaksin dua kali,” kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat memberikan keterangan, Rabu (4/8/2021).

Saat ini, sebagian besar klub Liga 1 sudah menjalani vaksinasi karena pernah bermain di Piala Menpora 2021. Turnamen pramusim itu mewajibkan semua vaksinasi yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Hanya saja, belum semua peserta mendapat 2 dosis vaksin dari Piala Menpora 2021. Karena vaksinasi dilakukan sembari Piala Menpora berjalan, sehingga beberapa klub sudah pulang duluan ketika tersingkir.

“Soal vaksin, memang kami sedang mendata ulang. Kebetulan di Piala Menpora, Persipura tidak ikut. Kami kirim form ke klub buat diisi saja pemain yang sudah divaksin, yang belum siapa saja, atau vaksin baru sekali siapa saja,” ujar Sudjarno.

BACA JUGA  Liga 1 2021-2022 di Depan Mata Kouta Pemain Asing Arema FC Sudah Siap

“Kami sedang sebarkan formnya ke klub termasuk Liga 2. Yang belum, akan kami fasilitasi vaksinnya. Sebelum pertandingan, kickoff, itu wajib divaksin,” tuturnya.

“Yang waktu awal (Piala Menpora) kita sudah divaksin semua, tapi kami belum begitu memeriksa sudah divaksin atau belum. Ini mungkin menjadi 1 persyaratan, yang masuk ke area pertandingan itu sudah ada kartu vaksin dan datanya valid untuk bisa kami periksa dan verifikasi,” ucap mantan Kapolda Lampung itu. (Editor: glh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here