KTR INDONESIA – TIM Nasional (Timnas) Korea Utara telah mengundurkan diri dari ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 Uzbekistan 2022. Mundurnya Korea Utara itu lantas memberikan dampak tak langsung terhadap Timnas Indonesia U-23 yang juga berada di Kualifikasi Piala Asia U-23 Zona Timur.

Seperti yang diketahui, Korea Utara tergabung di Grup K bersama Jepang dan Kamboja. Dengan keputusan Korea Utara untuk tak mengikuti kualifikasi tersebut, maka Grup K kini hanya menyisakan dua tim saja.

Tentu untuk membuat segalanya kembali imbang dan adil, maka harus ada tim yang masuk ke Grup K. Alasan itulah yang menjadikan alasan pihak AFC akan melakukan pengundian ulang terhadap Grup G sampai J.

Sebenarnya undian ulang itu hanya mencari satu tim dari Grup G, H, I, dan J untuk ditarik ke Grup K. Undian yang akan dilakukan secara virtual itu lantas akan dilakukan pada Rabu 11 Agustus 2021.

Menurut laporan dari laman resmi AFF, tidak semua tim dari Grup G sampai Grup J masuk ke pengundian ulang. Tim tuan rumah dan peringkat pertama masing-masing grup tidak akan diundi untuk dimasukkan ke Grup K.

BACA JUGA  Jadwal Piala Liga Inggris Tengah Pekan Ini MU Vs West Ham

Indonesia sendiri menjadi tuan rumah di Grup G dan tergabung bersama Australia, China, dan Brunei Darussalam. Jadi, Indonesia dipastikan takkan masuk ke dalam pengundian untuk ke Grup K.

Tetapi, ada peluang lawan-lawan Timnas Indonesia U-23 nanti akan berubah jika salah satu di antara China dan Brunnei Darussalam masuk dalam undian ulang. Australia tak masuk undian karena menjadi tim posisi pertama di Grup K.

“Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mencatat pengunduran diri Korea Utara dari kompetisi kualifikasi Piala Asia U-23 Uzbekistan 2022 dan Piala Asia Wanita Asia India 2022. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan jumlah tim di semua grup, AFC akan melakukan pengundian untuk memindahkan satu tim dari Grup G sampai J, untuk ditempatkan di Grup K,” bunyi keterangan pihak AFC di laman resmi AFF, Jumat (30/7/2021).

BACA JUGA  Jokowi Beli Sneaker dari Greysia Polii

“Dengan demikian, delapan tim berikut akan terlibat dalam pengundian: Grup G: China dan Brunei Darussalam, Grup H: Timor-Leste dan Filipina, Grup I: Myanmar dan Hong Kong, dan Grup J: Malaysia Jadi, Timnas Indonesia U-23 bisa merasakan dampak dari mundurnya Korea Utara jika China atau Brunei Darussalam ditarik ke Grup K. Tentu perubahan itu akan mengubah strategi Timnas Indonesia untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 Uzbekistan 2022 Zona Timur tersebut.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pun baru akan dimulai pada 23-31 Oktober 2021. Ajang kualifikasi tersebut terbagi menjadi 11 grup yang dibelah menjadi Zona Barat dan Zona Timur.

Nantinya 11 tim pemuncak klasemen dari masing-masing grup dan empat runner-up terbaik akan menemani Uzbekistan untuk tampil di Piala Asia U-23 2022. Piala Asia U-23 2022 itu pun akan berlangsung pada 6-25 September 2022.dan Laos,” tambah keterangan dari pihak AFC

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here