KTR INDONESIA –  Posisi tiga besar klasemen Olimpiade Tokyo 2020 tak mengalami perubahan pada Senin (2/8/2021). China masih memimpin dengan koleksi 62 medali yang terdiri dari 29 emas, 17 perak, dan 16 perunggu. Per hari ini, China menambah lima medali emas dari empat cabang olahraga yaitu senam artistik, balap sepeda trek, menembak, dan angkat besi. Adapun dua dari lima medali emas tersebut diraih China dari cabang angkat besi melalui Wang Zhouyu (87 kg putri) dan Li Wenwen (+87 kg putri).

Amerika Serikat menyusul di peringkat kedua dengan raihan 22 emas, 25 perak, dan 17 perunggu. Secara total, Amerika Serikat mengumpulkan 64 medali. Jumlah tersebut lebih banyak dari perolehan medali China secara keseluruhan. Namun, AS belum berhasil menggusur China dari puncak klasemen karena kalah torehan medali emas.

BACA JUGA  Persib Bandung vs Barito Putera, Marc Klok Maung Bandung Cetak Gol 1-0

Sementara itu, tuan rumah Jepang berada di urutan ketiga dengan 31 medali, hasil dari 17 emas, 5 perak, dan 9 perunggu. Di sisi lain, Indonesia melesat dari peringkat 57 ke posisi 35 berkat dua tambahan medali hari ini dari cabang olahraga bulu tangkis. Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas ganda putri setelah mengalagkan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan, dengan skor 21-19 dan 21-15. Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting mempersembahkan medali perunggu. Keberhasilan itu diraih Anthony Sinisuka Ginting usai menyudahi perlawanan pebulu tangkis asal Guatemala, Kevin Cordon. Secara total, Indonesia mengumpulkan 5 medali dengan rincian 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Medali perak dan dua perunggu lainnya diraih dari cabang olahraga angkat besi melalui Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah, dan Rahmat Erwin Abdullah. Indonesia dipastikan tak akan menambah medali lagi sebab seluruh wakil Merah Putih sudah menyelesaikan pertandingan mereka di Olimpiade Tokyo 2020.

BACA JUGA  Messi Bersitegang Dengan Icardi, Internal PSG Memanas

Lifter putri Nurul Akmal menutup perjuangan kontingen Indonesia di ajang multievent terbesar di dunia tersebut. Akan tetapi, Nurul Akmal yang turun di nomor +87 kg putri belum berhasil mempersembahkan medali setelah finis di peringkat ke-5 dengan total angkatan 256 kg (snatch 115 kg dan clean & Jerk 141 kg).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here